Senin, 05 Maret 2012

Bahaya Mouse Optik

Mouse
Mouse berfungsi untuk menggerakkan pointer yang ada pada komputer kita, mouse ini sangat berguna saat bermain game, browsing, browse file di komputer, menggambar di komputer, desain, untuk multimedia, buat ngetikpun juga masih menggunakan mouse. banyak  juga  fungsinya.
Mouse optik ini menggantikan kegunaan dari pendahulunya, yaitu mouse track ball yang menggunakan bola kecil untuk sensor geraknya. Kalu di mouse optik ini menggunakan gelombang elektromagneik sebagai sensornya nah ini biang masalahnya….

Kira-kira semenjak tiga tahun setelah dirilisnya mouse optic pertama oleh Microsoft, telah ditemukan bahwa terdapat ribuan kasus kelainan pada jaringan tangan akibat radiasi yang dipancarkan mouse optic. Mouse optic bekerja dengan memancarkan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi ke permukaan di bawahnya. Frekuensi yang digunakan lebih tinggi daripada handphone.

telapak tangan dan kaki merupakan pusat ujung-ujung syaraf tubuh. Oleh karena itu, radiasi dari mouse bisa dirasakan di telapak tangan dan dapat mempengaruhi kesehatan pengguna  . Menurut pengamatan dari badan kesehatan dunia, WHO, radiasi dari mouse setara 5 kali radiasi handphone, dan akan lebih berbahaya jika mouse optic dipegang terus-menerus oleh pengguna komputer, nah makanya mulai sekarang jangan digenggem terus tu mousenya.
 
Pada penggunaan mouse dengan kualitas yang rendah, pengaruh radiasi elektromagnetnya lebih terasa karena pada mose yang berkualitas tinggi, dia memiliki protector yang berguna untuk melindungi pergelangan tangan.

Oleh karena adanya bahaya yang cukup mengkhawatirkan ini, perusahaan besar seperti WHO, GreenPeace, dan CNN sudah menghentikan penggunaan optical mouse untuk seluruh kegiatan di kantornya . Sementara untuk Microsoft dan IBM telah saling bekerja sama untuk pembuatan pointer device yang lebih aman, dengan dana sekitar $2 miliar.

Untuk itu makanya kita harus hati-hati dalam menggunakan mouse, kalo mau sih pindah aja lagi ke mouse track ball tapi kalo gak mau repot ya jangan sering-sering menggenggam mouser optic kita.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar