Selasa, 06 Maret 2012

Aturan Makan Usai Memutihkan Gigi

Tidak semua orang diberkahi dengan gigi putih menawan. Karenanya, sebagian orang memutuskan untuk menjalani pemutihan gigi -baik yang dilakukan sendiri di rumah maupun dengan bantuan dokter gigi. Namun, jangan sampai segala usaha yang dilakukan ini akhirnya tanpa hasil.

"Begitu Anda telah berhasil mendapatkan gigi putih cemerlang, langkah selanjutnya adalah memertahankannnya dengan mencermati makanan yang disantap," kata Dr Raymond Garrison, Profesor dan Kepala Departemen Kedokteran gigi dari Wake Forest Baptist Medical Center.

Beberapa jenis buah dan sayuran seperti apel, kacang polong hijau, kembang kol, wortel, dan daun seledri besar, dapat membantu membersihkan gigi ketika Anda mengunyahnya. Selain itu, jenis buah dan sayuran ini juga dapat merangsang produksi saliva, yang akan menetralisir asam serta melindungi gigi, kata Garrison.

Di samping itu, produk-produk olahan susu, khususnya yang kaya kalsium, dan keju juga dapat membantu menjaga gigi tetap putih. Asam laktat yang terdapat dalam produk-produk ini dapat mencegah kerusakan pada gigi. Sementara, keju yang teksturnya keras dapat membantu mengenyahkan sisa partikel makanan di gigi.

Yang perlu Anda hindari setelah menjalani pemutihan gigi adalah rokok, kecap, soft drink, anggur merah dan putih, serta buah bluberi, karena dapat membuat gigi jadi bernoda. Selain itu, Garrison juga mengingatkan agar Anda berkonsultasi terlebih dulu pada dokter gigi sebelum menjalani proses pemutihan gigi.

"Meski bleaching atau pemutihan gigi merupakan metode yang efektif untuk mendapatkan gigi lebih putih, ada efek jangka pendeknya, yaitu gigi menjadi sensitif. Terlalu sering memutihkan gigi juga dapat menyebabkan kerusakan permanen, seperti terkikisnya enamel gigi," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar